Sabtu, 14 Maret 2015

manfaat dan pengolahan daun sirih

Manfaat Daun Sirih - Sirih merupakan tanaman yang sudah lama dikenal sebagai tanaman herbal untuk pengobatan. Bahkan hampir seluruh bagian daun mengandung zat antiseptik yang berfungsi untuk membunuh bakteri jahat.
Karena saking banyaknya manfaat daun sirih ini, sampai sekarang masih terus dilakukan penelitian untuk mencari dan mengembangkan manfaat yang ada pada daun sirih ini.
Berikut beberapa manfaat daun sirih bagi kesehatan serta cara mengolahnya:<
1.Mengobati iritasi mata
Caranya sangat mudah siapkan 6 lembar daun sirih lalu rebus dengan menggunakan 1 gelas air. Setelah mendidih, angkat dan biarkan sampai dingin terlebih dahulu. Kemudian tuangkan pada wadah baskom atau tempat lain untuk mencuci mata. Lakukan cara ini 3 kali dalam sehari secara rutin sampai kondisi mata sembuh.
2.Obat mimisan
Caranya siapkan satu lembar daun sirih muda lalu remas-remas daun tersebut hingga mengeluarkan cairan atau minyak. Setelah itu gulung-gulung dan jadikan sebagai penyumbat hidung yang mimisan (mengeluarkan darah).
3.Mengobati keputihan Bagi kaum hawa tentu tidak asing dengan manfaat daun sirih dalam mengatasi masalah keputihan. Caranya siapkan kurang lebih 10 lembar daun sirih lalu rebus dengan air kurang lebih 2.5 liter. Setelah itu biarkan hingga dingin dan gunakan air rebusan tersebut untuk mencuci daerah intim wanita.
4.Sebagai obat batuk Caranya siapkan kurang lebih 15 lembar daun sirih lalu rebus dengan air sebanyak 3 gelas dan biarkan hingga air tersisa 1 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut sebanyak 3 kali sehari. Untuk memberikan rasa dan hasil maksimal bisa ditambahkan madu beberapa sendok.
5.Mengobati bisul Caranya siapkan beberapa daun sirih lalu tumbuk hingga halus. Kemudian tempelkan tumbukan tersebut pada bagian tubuh yang bisulan. Setelah itu balut dengan kain kasa atau perban dan ganti lah perban tersebut 2 kali sehari
. 6.Obat jerawat
Caranya siapkan kurang 10 lembar daun sirih lalu tumbuk hingga halus. Kemudian seduh dengan memakai air panas kurang lebih 2 gelas. Diamkan sampai air dingin, lalu pakai lah air tersebut untuk mencuci muka. Lakukan secara rutin 2-3 kali dalam sehari.
7.Menghilangkan bau badan
Caranya siapkan 5 lembar daun sirih lalu rebus dengan memakai air kurang lebih 2 gelas dan biarkan hingga air hanya tersisa 1 gelas. Kemudian minum air rebusan tersebut dengan teratur setiap hari.
8. Menghilangkan bau mulut
Seduh kurang lebih 4 lembar daun sirih dengan memakai air panas. Kemudian diamkan hingga dingin dan gunakan air tersebut untuk berkumur.
9. Mengobati sariawan
Caranya siapkan kurang lebih 2 lembar daun sirih lalu cuci bersih. Kemudian kunyah-kunyah hingga halus lalu buang ampas nya.
10. Mengobati diare
Caranya siapkan kurang lebih 6 lembar sirih, 6 butir lada, dan 1 sdm minyak kelapa. Kemudian campur semua bahan dan tumbuk hingga halus. Selanjutnya gunakan ramuan tersebut untuk mengolesi perut.
11. Mengobati luka bakar
Caranya siapkan beberapa lembar daun sirih atau sesuaikan untuk kebutuhan kondisi luka. Selanjutnya remas-remas atau tumbuk dan tambahkan madu. Setelah itu oleskan ramuan tersebut pada bagian tubuh yang terkena luka bakar.
12. Mengobati bronchitis
Caranya siapkan 7 lembar daun sirih, 1 potong gula batu, dan 2 gelas air. Selanjutnya didihkan air dan masukkan daun sirih dan gula batu tersebut dan biarkan hingga air tersisa kurang lebih 1 gelas. Kemudian minum ramuan tersebut 3 kali sehari dengan porsi ⅓ gelas per minum.
Itulah beberapa manfaat daun sirih yang bisa kita ambil dan kita jadikan obat alternatif alami yang aman. Salam sehat alami! !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar